Simbol-simbol yg termasuk celtic antara lain adalah The triquetra, The Sheela-na-gig, The Celtic Cross, The Spiral, The Green Man dan The Celtic Knot. Ada banyak simbol yg tercatat dalam arsip sejarah celtic. Sedikit yang bisa mengubah tentang orang-orang celtic dan kepercayaan mereka dan praktek yg harus dipisahkan bersama dari kehidupan sejarah celtic dan juga dari icon kekayaan bersama simbol-simbol yang secara turun temurun sudah mereka tinggalkan pada kita untuk dimengerti. Celtic ikonografi (gambar dan simbol yg secara kolektif diasosiasikan untuk manusia, budaya dan pergerakan budaya) berlimpah dengan simbol jiwa, emblem Tuhan, keindahan dan gambar-gambar dari cerita mithologi.

Berikut adalah beberapa dari simbol celti yg paling populer :

1. The triquetra

 arti umumnya adalah simpel ‘segitiga’ dan ini telah digunakan untuk melihat 3 sudut bentuk segitiga. Sekarang, itu telah datang untuk melihat secara exclusive untuk sebuah bentuk tertentu yg telah dibentuk dari tiga vesica piscissebuah bentuk figur runcing oval yg telah digunakan sebagai ciri arsitektur dan sebagai lingkaran suci yg melampirkan figur-figur seperti Christ or the Virgin Mary pada zaman budaya abad pertengahan ) terkadang dengan ditambahkan lingkaran di dalam atau diluar bentuk tsb. The triquetra sering ditemukan dalam budaya yg tak pernah eksis terutama pengerjaan logam dan dalam illuminated manuskrip ( catatan kuno mengenai arisitektur dan sumber folosofi beberapa budaya di eropa pada abad pertengahan ) seperti book of kells ( buku yg dibuat oleh seorang monk dari bangsa celtic yg mengandung beberapa bagian dari versi kitab bible yg pertama dan akhirnya menjadi penemuan nasional bangsa irlandia ). Faktanya adalah bahwa the triquetra sangatlah langka untuk berdiri sendiri dalam zaman pertengahan bangsa celtic yg telah ‘melemparkan’ keraguan dalam penggunaannya sebagai simbol dalam konteks dimana itu telah digunakan secara utama sebagai sebuah pengisi angkasa ( seseorang yg meingisi kekosongan angkasa dalam hidup orang lain ) atau ornament dalam komposisi yg jauh lebih kompleks. Tetapi kebudayaan celtic hidup dalam kedua hal yaitu pada  sebuah kehidupan tradisi kebudayaan bangsanya dan melalui beberapa pembangunan kerohanian.

triquetra-vesica.jpg (4515 bytes)

Triquetra yg disusun tepatnya dari tiga simbol vesica piscis yg tumpah tindih.

blue-triquetra.jpg (6339 bytes)

Triquetra dalam kebiruan sebagai bagian dari sebuah dekorasi simbol cross Christian Trinitarian.

triquetra-trinity.jpg (6744 bytes)

Triquetra interlaced dengan lingkaran sebagai lambang Christian Trinitarian ( a trinity knot ).

triquetra

The cross of triquetras or Carolingian Cross.

2. The Sheela na Gig

sheela-na-gig-pic.jpg (15688 bytes)Nama ini pertama dipublikasikan dalam sebuah event dari aktivitas yg melibatkan sebuah prosedur the royal irish academy ( akademi ilmu pengetahuan dan sastra yg ada di irlandia ) tahun 1840-1844, sebagai sebuah nama daerah untuk salah satu ukiran yg ada di gereja gable wall di Rochestown, daerah Tipperary, Irlandia. Nama ini juga telah tercatat di tahun 1840 oleh John O’Donovan, sebuah survey yg bernama Ordnance Survey secara resmi yg dilakukan negara irlandia, untuk melihat sebuah ciri dalam gereja di Kiltinane, daerah Tipperary. Dimana ada sebuah ada sebuah kontroversial menyangkut nama asli dan arti dari nama tsb, nama ini tidak secara langsung di terjemahkan kedalam bahasa irish ( bahasa celtic, yg sekarang menjadi bahasa irlandia ). Pengejaan alternatif dari kata ‘Sheela’ mungkin terkadang bisa ditemui, nama ini menyangkut kata sheila, Síle dan Síla. Nama ‘Seán-na-Gig’ telah diciptakan oleh Jack Roberts untuk melambangkan hal yg berhubungan dengan organ vital ( kelamin ) dari pasangan jantan dari Sheela yg mana cukup langka di irlandia tetapi jauh lebih umum di daerah tsb. The Sheela na Gig adalah figur kesuburan.

3. Celtic cross

celtic-cross-12.jpg (7745 bytes)Celtic Cross adalah sebuah simbol yg mengkombinasikan tanda ‘plus’ ( salib ) dengan sebuah cincin yang melingkar. Simbol ini diasosiasikan dengan Celtic Christianity ( aliran kristen pada zaman celtic di inggris-irlandia ), meskipun telah sangat tua, sebelum kristen pertama. Demikian telah melintasi bagian dari kebudayaan celtic yg paling utama. Sebuah simbol celtic cross yg berdiri, terbuat dari batu dan sangatlah sering kaya akan diornamentkan, hal ini disebut high cross or Irish Cross. Celtic crosses memang sudah berasal muasal dari sejak awal-awalnya gereja Coptic (  gereja terbesar pertama yang dibangun pada zaman alexandria ) dibangun. Di Irlandia hal ini adalah mithos yg paling populer bahwa celtic cross telah diperkenalkan oleh St. Patrick ( salah satu orang yg dianggap paling suci di irlandia ) atau dengan mungkin oleh St. Declan ( salah satu orang yg dianggap paling suci di irlandia ) selama waktu hidupnya mengkonversi aliran pagan di Irlandia.

Advertisements