Secara bahasa karma berarti perbuatan, secara istilah karma berarti hasil atau akibat dari apa yang kita lakukan. Hukum karma adalah salah satu hukum mutlak yang ada di alam semesta ini. Hukum karma mengatur tentang sebab dan akibat dari apa yang kita perbuat, bersifat universal dan akan bekerja secara alami dan adil, sebab yang baik akan mengahasilkan hasil/akibat yang baik, sedangkan sebab yang buruk akan mengahsilkan hasil/akibat yang buruk pula.

Mengapa dikatakan hukum yang mutlak, karena tidak ada satu mahlukpun yang bisa mencampuri atau merubah hukum ini sekehendak hatinya. Hukum karma diciptakan Tuhan untuk memberikan keadilan terhadap setiap mahluknya, dan agar mereka bisa belajar dari sikap/tingkah lakunya dan memahami arti-arti kehidupan.

Banyak diantara kita yang telah melupakan salah satu hukum mutlak ini bahkan melupakannya, padahal ini adalah salah satu hukum yang seharusnya kita jadikan pedoman untuk bercermin terhadap perbuatan dan masa lalu kita. Agar kita bisa belajar dari apa telah kita perbuat, dan memperbaikinya lalu membuatnya menjadi jauh lebih baik. Apakah yang telah terjadi pada kita sekarang ? maka tanyakanlah Apakah yang telah kita sebabkan di masa lalu ?

  • Karma Negatif

Karma negatif (buruk) adalah karma/hal buruk yang didapatkan/dihasilkan karena perbuatan negatif. Karma ini bisa berlangsung dalam kurun waktu yang sangat lama ataupun sekejap, tergantung dari senegatif atau seburuk apa perbuatan yang kita lakukan sebelumnya.

  • Karma Positif

Karma positif (baik) adalah karma/hal baik yang didapatkan/dihasilkan karena perbuatan positif. Karma positif diperoleh selain disebabkan oleh perbuatan yang baik, juga ketika ada mahluk yang bisa memperbaiki karma negatifnya, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Cara membersihkan karma negatif dan menghasilkan Karma posiitif :

Sebelumnya tanyakanlah lagi pada dirimu, apakah yang telah terjadi dengan dirimu? atau apakah yang telah kamu dapatkan sekarang ? Ini penting !!! karena akan mempengaruhi niatmu untuk bisa mengetahui karma apakah yang telah kamu dapatkan, negatif atau positifkah.

Lihatlah apa yang telah kamu dapatkan/hasilkan

Melihat ke sekitar dirimu dan merasakanya dengan hatimu, apakah telah terjadi padamu/apakah telah kamu dapatkan, jika itu buruk maka hatimu kamu akan merasa gundah, sesak, gelisah, lalu selanjutnya lihatlah perbuatanmu sebelumnya apakah mencerminkan hal yang buruk, jika iya, maka kamu akan merasakan perasaan bersalah, jika kamu merasakannya, maka kamu telah bisa mengetahui dan berniat untuk memperbaikinya.

Bercermin dan memaafkan

Lihatlah dirimu sendiri seburuk apakah perbuatanmu hingga bisa menyebabkan hasil yang buruk pula, setelah kau mengerti, maka maafkanlah perbuatan burukmu & maafkan dirimu sendiri, apabila perbuatanmu pernah menyakiti seseorang, maka cobalah untuk minta maaf kepadanya, ini bisa membuat hatimu tenang.

Bertindaklah dengan penuh kasih

Kasih, mengapa harus dengan kasih, karena kasih adalah kunci kemuliaan, kasih adalah memberi. Bertindaklah dengan penuh kasih maksudnya bertindaklah dengan penuh kemuliaan dengan memberikan apapun yang dapat membuat orang-orang lain ataupun mahluk-mahluk lain menjadi bahagia, tanpa mengharapkannya kembali dan dibalas untukmu, memberikan sesuatu, apapun yang berarti bagi mereka, besar kecilnya, sedikit banyaknya pemberianmu, maka itu pasti akan mempengaruhi mereka dalam hal kebaikan. Ini bisa menjadi akselerasi/percepatan dalam membersihkan karma yang negatif, dan akan lebih mudah menghasilkan karma yang positif. Dengan membiasakan tindakan seperti ini maka kamu akan terbiasa melakukan hal-hal yang mulia, setiap saatnya.

Berterima kasihlah

Berterima kasihlah, terhadap apapun yang telah kamu berikan kepada mereka, meskipun pemberianmu tidak terlalu dihiraukan oleh mereka, tapi karena niatmu yang tulus maka itu akan sangat berarti untukmu sendiri. Berterima kasihlah terhadap semua yang telah kamu dapatkan dulu dan sekarang, semua yang kamu miliki. “Terima Kasih Ya Tuhan

Secara langsung atau tidak langsung kamu akan merasakan efek/akibatnya, percayalah maka kamu akan bisa merasakannya dalam hatimu, meskipun akibatnya belum terlihat atau didapat, kamu akan lebih bisa merasakan tenang, damai, dan bahagia.

God Bless You & May Peace be with You