Sebelumnya mari kita meriview kembali sosok ilmuan Albert Einstein , Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Württemberg, Jerman pada 14 Maret 1879 dan meninggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, 18 April 1955 pada umur 76 tahun. Albert Einstein adalah salah satu ilmuan yang paling berpengaruh di dunia, selain di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, karena kejeniusannya ilmuan ini selalu dikenang dan dipopulerkan oleh seluruh kalangan masyarakat di seluruh dunia, tapi tahukah kamu, Albert Einstein adalah salah satu ilmuan yang sudah mengerti dan menguasai kekuatan sejati dari seorang manusia (Baca The Secret).

Langsung saja kita lihat salah satu filosofi-filosofi hidup Albert Einstein, tidak ada Fisika, nuklir, atau hal-hal jenius. Hanya beberapa pemikiran ringan tapi sering terlupakan, yang sebenarnya sangat ‘berpengaruh besar’ terhadap kehidupan kita.

1. Buntuti Terus Rasa Ingin Tahu Anda

“Saya bukan memiliki bakat khusus. Hanya selalu menikmati rasa ingin tahu saja.”

Semakin rasa ingin tahu itu tinggi, maka semakin tinggi pula kemampuan manusia untuk bisa mengetahui sesuatu tentang berbagai hal. Hasrat ingin tahu dapat memancing kita untuk mencari tahu dan mencoba sesuatu, yang mana ketika kita sudah memenuhi rasa keingin tahuan kita dan mendapatkan yang kita ‘inginkan’, maka pasti akan timbul suatu rasa keingintahuan kembali, dan semakin membuat kita mengetahui sesuatu yang lain secara terus menerus. Hal ini akan membuat isi otak kita akan semakin terpenuhi oleh berbagai macam hal baik itu pengetahuan, ataupun hal yang telah kita dapatkan dari rasa keingintahuan kita.

Mengejar jawaban rasa ingin tahu Anda adalah kunci rahasia kesukesan.

2. Tekun itu Tak Ternilai.

“Saya tidak pintar, hanya saja boleh dikatakan bisa bertahan lebih lama menghadapi masalah.”

Orang pintar adalah orang yang tidak pernah putus asa,semakin dia tidak putus asa dalam menghadapi suatu masalah, maka  dia akan bisa menguasai apa itu yang disebut Kesabaran, dan suatu kesabaran akan menghadiahkan suatu kemenangan yang tak ternilai harganya.

3. Fokus pada saat ini.

“Seorang pria yang bisa menyetir dengan aman sementara mencium gadis cantik, sebenarnya tidak memberi penghargaan yang layak untuk ciumannya itu.”

Fokus, adalah syarat mutlak dalam kesukesan, fokus bisa dikatakan konsisten dalam apa yang kita ‘pegang’, semakin kita fokus dalam suatu hal, maka semakin kita bisa menguasai hal itu dengan sangat mudah, meskipun ada hal yeng kerap menggangu kita dalam melakukan hal itu, karena sebelumnya kita sudah mahir dalam mengetahui serta mengontrol pikiran serta emosi kita terhadap hal itu.

Energi terfokus adalah sumber kekuatan. Itulah perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.

4. Imaginasi adalah kekuatan.

“Imajinasi adalah segalanya. Imagjnasi adalah penarik masa depan. Imaginasi lebih penting daripada pengetahuan”

Ingatlah bahwa ‘bermimpi’ bukanlah mengkhayal tapi berimajinasi. Sebelum kita sukses ada satu tahapan dimana kita akan melakukan tahapan ini yaitu ‘berimajinasi’. Berimajinasi adalah membuat sebuah visi bahkan perencanaan di dalam pikiran kita, agar kita bisa tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya. Karena imajinasi bisa mejadi sebuah kenyataan yang mutlak untuk menarik suatu gambaran masa depan.

5. Buat Kesalahan.

“Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru.”

Mencoba lebih baik dari pada tidak, karena kita akan mengenal kata ‘apa itu’. sebaliknya jika kita tidak mau melakukannya karena takut terjadi sebuah kesalahan, maka kita tidak akan pernah tahu, dan bisa.

6. Hidup pada saat ini.

“Saya tak pernah memikirkan masa depan–itu akan datang sesaat lagi.”

Hiduplah disaat ini, fokuslah pada apa yang dikerjakan sekarang ini, maka akan tercipta hasil yang memuaskan. Lakukanlah yang ingin kamu lakukan sekarang, bukan yang ingin kamu lakukan nanti, karena sekarang adalah waktu untuk melakukannya, bukan kemarin, ataupun besok.

7. Hargai diri Anda.

“Berusahalah dengan keras bukan untuk menjadi sukses, tapi untuk menjadi lebih berharga.”

Salah satu rahasia para ilmuan adalah berusaha keras bukan untuk menjadi yang terbaik, tapi berusaha keras agar bisa lebih baik dalam melakukan segala sesuatu. Berusaha keras untuk sukses hanya akan memakan waktu yang lama, sedang berusaha untuk menjadi lebih baik hanya memerlukan waktu yang singkat, karena kita berusaha untuk mengubah diri kita, orang lain, bahkan dunia.

8. Jangan mengharapkan Hasil Berbeda.

“Kegilaan adalah melakukan sesuatu dengan cara sama berulang-ulang dan mengaharapkan hasil berbeda.”

Orang yang cerdas adalah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan yang sama, ketia dia melakukan kesalahan, maka dia akan berfikir untuk tidak mengulangi kesalahan itu dan memperbaikinya dengan sangat baik. “Bila terjadi kesalahan, maka perbaikilah, dan cobalah untuk tidak mengulanginya lagi bahkan dengan cara yang sama, karena itu mutlak ‘mustahil’, lakukanlah dengan cara yang seefektif & seefisien mungkin, agar tercipta hasil yang diinginkan dan berbeda dari yang sebelumnya”.

9. Pengetahuan terasah melalui Pengalaman

“Informasi bukanlah pengetahuan. Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman.”

Carilah suatu pengalaman, lakukanlah suatu pengalaman, pelajarilah pengalaman itu, dan buatlah pengalaman yang lebih baik lagi dari pada itu. Semakin kita berpengalaman, akan membuat kita semakin terlatih hingga expert bahkan master dalam menguasai suatu hal, “lakukanlah sekarang atau kau tidak akan pernah tahu dan bisa”

10. Pahami Aturan Main, Lalu Bermainlah Lebih Baik.

“Anda harus memahami aturan permainan. Kemudian Anda harus bermain lebih baik daripada pemain lain.”

Bagi Einstein, dia cukup memahami aturan-aturan dasar Fisika lalu berpikir dan bekerja lebih baik dibanding fisikawan lainnya. Sederhananya, anda cukup melakukan dua hal saja.

Pertama, yang harus anda lakukan adalah memahami ‘peraturan’ bagaimana cara Anda melakukannya. Kedua, Lakukan pekerjaan tersebut lebih baik dibanding orang lain. Jika Anda mampu melakukan dua hal ini dengan baik, maka kesuksesan akan selalu siap menyapa anda.

Advertisements