Bijak, apa itu bijak? bijak adalah suatu cerminan sikap dan prilaku seseorang terhadap sesuatu yang ia lihat berdasarkan apa yang ada dipikirannya secara tepat dalam situasi dan kondisi seperti apapun dan bersifat objektif serta mampu mengambil makna/pelajaran penting dari apa yang dilakukannya. Dengan kata lain orang yang bijak adalah orang yang mampu mengambil keputusan dengan tepat baik secara langsung maupun tidak langsung tanpa memihak secara adil dan objektif.

Kita bisa melihat apakah orang itu bijak atau tidak berdasarkan dari perkataannya, orang yang bijak biasa berinteraksi dengan bahasa yang umum atau bahasa yang dimengerti oleh semua kalangan, ini bertujuan agar bahasa dan interaksinya mudah dimengerti dan direspons oleh berbagai kalangan. Orang yang bijak memiliki ciri-ciri berkata secararamah dan tenang, tidak pernah terburu-buru, dan selalu tegas.

Prilaku, Orang yang bijak memiliki prilaku yang sangat berbeda dibanding dengan orang-orang biasanya, hal ini dikarenakan prilakunya yang mempengaruhi kebanyakan orang atau secara objektif prilakunya mempengaruhi orang lain, tindakannya yang membuat orang lain melihat secara berbeda membuat orang-orang bijak dikatakan sangat berkharisma.

Pemikiran, sangatlah terlihat dari cara berfikir mereka, bahwa orang-orang bijak memiliki cara berfikir secara universal atau menggunakan perspektif Tuhan. Mengapa universal disebut dengan perspektif Tuhan? Universal adalah keseluruhan dan objektif, mengapa dikatakan sebagai perpektif Tuhan, mari kita lihat.

Di suatu tempat terdapat sebuah mobil dan 2 orang yang masing-masing berada di kedua belah sisinya. Ketika orang yang berada di sudut kanan melihat mobil tadi, diapun berpendapat bahwa mobil itu sangatlah bagus, terlihat dari tampilanya. Lain halnya dengan orang kedua yang berada di sudut kiri mobil, dia melihat mobil tadi dan berpendapat bahwa mobil ini sudah rusak dan hancur. Mengapa berbeda? ya, kedua orang tadi hanya melihat dari sisi yang mereka tempati dan lihat, orang yang berada di sebelah kanan melihat mobil itu sangat bagus, tapi orang yang ada di sebelah kiri melihat mobil itu hancur dan rusak.

Bila kita melihatnya secara universal atau dengan perspektif Tuhan maka kita akan bisa melihatnya secara keseluruhan, tidak hanya dari kiri, kanan, depan atau belakang, namun kita akan melihatnya secara utuh, dalam keseluruhan yang nyata, dan kita akan memperoleh kebenarannya. Karena dengan itulah Tuhan melihat, tidak pernah melihat di satu sisi atau keadaan yang dialami mahluk-mahluknya secara subjektif, namun secara menyeluruh, dan hal inilah yang menyebabkan Tuhan kemudian memiliki sifat adil.

Inilah yang membuat banyak orang bijak dapat dikatakan sebagai seseorang yang sangat adil. Kebanyakan orang-orang bijak adalah orang-orangyang sudah sangat tua, mengapa? Dalam kehidupan mereka orang-orang bijak selalu mempelajari apa yang mereka lakukan, selalu melihat apa yang mereka pikirkan dan selalu mengucapkan apa yang sebenarnya menjadi sebuah kebenaran, dengan kata lain mereka menggunakan pengalaman sebagai pedoman mereka, dalam meperpaiki kesalahan yang dibuat dan membuat hal yang lebih baik lagi dari apa yang telah diperbaikinya tadi.

Lalu apakah kita termasuk orang-orang yang bijak? Hanya dirimulah yang tau seberapa bijak dan bijak dalam hal apakah sebenarnya dirimu.

Kiat-kiat menjadi orang yang bijak :

1. Menggunakan interaksi yang baik dan ramah akan mempengaruhi respons orang lain terhadapmu.

2. Selalu mengawasi apa yang kamu pikirkan, sehingga dapat melihat dan mengkontrol sikap dan tingkah laku yang dilakukan.

3. Menggunakan cara berfikir Universal, inilah yang terpenting, mulailah sekarang juga melihat dengan metode ini, baik dalam pikiranmu, matamu bahkan perasaanmu, agar bisa menimbulkan sifat adil dalam diri dan agar bisa dengan mudah mencari suatu kebenaran sejati dengan sangat nyata.

4. Selalu mempelajari apa yang kita lakukan. Menggunakan pengalaman sebagai pedoman dalam berprilaku, bertindak dan berfikir untuk memperbaiki yang salah dan membuat hal yang lebih baik lagi dai yang sudah diperbaiki.

5. Mempengaruhi orang banyak dengan tindakan, prilaku dan cara berinteraksi agar membuat orang lain bisa melihat dan mengambil pelajaran yang terkandung terhadap apa yang kamu sampaikan.

6. Usahakanlah menggunakan prinsip efektif-efisien dan objektif dalam mengambil dan menentukan keputusan.

Semoga dirimu bisa menjadi orang yang bijak dan membuat banyak perubahan di bumi ini.

God Bless You & May Peace be with You

About these ads